Pengertian METODOLOGI

metodologi

ILMU KEPOLISIAN – METODOLOGI adalah sebauh sistem berisikan prinsip-prinsip, praktek-praktek dan prosedur-prosedur yang dipunyai oleh sesuatu bidang ilmu pengetahuan . Termasuk dalam pengertian metodologi adalah logika yang dipunyai dan digunakan berkenaan dengan prinsip-prinsip pengetahuan dan pembentukannya dalam sesuatu bidang ilmu pengetahuan.

Menurut laman wikipediaMetodologi berasal dari bahasa Yunani “metodos” dan “”logos, kata ini terdiri dari dua suku kata yaitu “metha” yang berarti melalui atau melewati dan “hodos” yang berarti jalan atau cara. Metode berarti suatu jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan. logos artinya ilmu.

Metodologi adalah ilmu-ilmu/cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji.

Ilmu terdiri atas empat prinsip:

  1. keteraturan (orde)
  2. sebab-musabab (determinisme)
  3. kesederhanaan (parsimoni)
  4. pengalaman yang dapat diamati (empirisme)

Dengan prinsip-prinsip yang demikian maka ada banyak jalan untuk menemukan kebenaran. Metodologi adalah tata cara yang menentukan proses penelusuran apa yang akan digunakan. Sedangkan Metodologi penelitian adalah tata cara yang lebih terperinci mengenai tahap-tahap melakukan sebuah penelitian.

Pendapat lain tentang metodologi juga dijelaskan oleh Rudi Cahyo “Metodologi adalah sistem panduan untuk memecahkan persoalan, dengan komponen spesifiknya adalah bentuk, tugas, metode, teknik dan alat. Dengan demikian, metode berada di dalam metodologi, atau dengan kata lain, metode lebih berkenaan dengan teknis saja dari keseluruhan yang dibahas dalam metodologi. Dalam konteks penelitian, yang termasuk metode adalah teknik penggalian data, teknik pengolahan data, penentuan populasi serta sampel dan sejenisnya.”

Itulah beberapa pendapat tentang METODOLOGI, semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *